Pengaruh Daun Ketapang Terhadap PH Air

Pengaruh Daun Ketapang Terhadap PH Air – PH merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk mengukur nilai keasaman atau kebasaan dari suatu air. PH yang tepat pada air yaitu sekitar 7 jadi jika air memiliki jumlah pH tidak normal maka kita perlu menanganinya agar pHnya dapat normal kembali. Masalah yang sering terjadi pada  pH air yaitu pH yang terlalu rendah maupun pH yang terlalu tinggi.

192756

Biasanya pH yang rendah dapat mengakibatkan rasa air tersebut bersifat asam namun jika air yang memiliki pH tinggi maka rasa  air tersebut bersifat basa. Untuk mengetahui pH pada air maka kita perlu mengukurnya dengan pH meter.

Air pada kolam budidaya ikan  perlu  dijaga pH airnya agar  tetap normal,supaya pertumbuhan ikan dapat berkembang dengan baik. Namun apabila air kolam tiba – tiba jumlah pHnya naik,maka kita perlu menurunkan jumlah pHnya agar dapat normal kembali. Cara untuk menurunkan jumlah pH pada air kolam dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan pemakaian pH down,menggunakan kayu dam asam fosfat dengan dosis yang tepat,maupun menggunakan daun ketapang.

Karena daun ketapang memiliki kemampuan untuk menurunkan pH air dan menyerap bahan kimia berbahaya yang berada didalam kolam,maka dapat memberikan kondisi nyaman untuk ikan yang ada di kolam tersebut. Daun ketapang banyak mengandung asam organik yaitu asam  tannin dan asam humic. Asam humic merupakan campuran yang kompleks yang digunakan untuk pembusukan pada sebagian  bahan – bahan organik.Asam humic mengandung nitrogen,belerang,dan fosfat serta zat yang lain seperti Ca,Mg,Zn,Cu dan lain – lain.

Menurut ukuran dan polaritas masing – masing komponennya,asam humic dibagi menjadi dua yaitu pecahan yang lebih kecil disebut asam fulvic dan yang lebih besar yang bukan polar disebut  asam humic.

Asam tannin dan asam humic dapat menyebabkan warna kolam berubah menjadi warna kuning,namun perubahan warna pada air kolam dapat bermanfaat untuk mencegah berkembangnya berbagai bakteri dikolam tersebut.Sehingga ikan yang ada didalamnaya dapat berkembang dengan baik.  Selain itu juga dapat menetralkan dan menyerap racun dari  bahan kimia logam berat seperti  seng,tembaga dan aluminium. Pemakaian daun ketapang juga tidak boleh berlebihan karena dapat menurunkan jumlah pH secara berlebihan.

Untuk mengurangi warna kuning pada kolam dapat kita cegah dengan cara :

  • Jemur terlebih dahulu daun ketapang yang telah diambil.
  • Rebus daun ketapang yang telah dijemur.
  • Lalu masukan daun ketapang yang telah direbus kedalam kolam.

Setelah pemakaian daun ketapang untuk menurunkan pH kolam,maka kita perlu mengukurnya kembali menggunakan pH meter untuk memastikan agar pH air kolam telah mencapai jumlah normalnya. Anda harus membeli pH meter pada toko  yang menjual pH meter terpercaya. Di CV Java Multi Madiri juga menyedikan pH meter  dengan berbagai jenis warna dan bentuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s