Cara Menggunakan TDS Meter Hidroponik

Cara Menggunakan TDS Meter Hidroponik –  TDS meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah partikel yang terkandung dalam sebuah air. Karena partikel yang terkandung dalam air tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, maka kita perlu mengukurnya menggunkan tds meter.

cara-menggunakan-tds-meter-hidroponik

Setiap air memiliki partikel, baik partikel padatan seperti kandungan logam misalnya : tembaga, aluminium, besi, mangan, dll maupun partikel non padatan seperti : microorganisme, dll. TDS meter biasanya digunakan untuk mengukur kualitas air minum, mengukur kemurnian air, mengukur partikel ( jumlah nutrisi ) yang terdapat disebuah larutan yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik.

Setiap jenis tanaman membutuhkan jumlah nutrisi ( kepekatan ) pada larutan yang berbeda – beda. Pengukuran larutan yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik perlu dilakukan. Karena apabila nutrisi yang terkandung pada larutan yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik memiliki jumlah yang normal, maka tanaman dapat berkembang dengan baik.

Misalnya tanaman cabai dan tomat memerlukan kepekatan pada larutan yang lumayan tinggi yaitu sekitar 1500 – 2000 ppm, sayuran memerlukan kepekatan pada larutan sekitar 900 – 1200 ppm, dan tanaman bunga anggrek memerlukan kepekatan pada larutan yang cukup rendah yaitu sekitar 300 –  400 ppm.

Diusahakan air yang terkandung dalam larutan yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik memiliki kepekatan  yang normal. Karena apabila kepekatan yang terkandung dalam larutan, melebihi atau kurang dari jumlah normalnya maka akan mengakibatkan resiko yang fatal yaitu kematian pada tanaman tersebut.

Satuan yang digunakan pada tds meter adalah ppm “ part per million ” yang artinya  per juta bagian. Cara mengukur larutan yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan cara menyelupkan tds meter kedalam larutan dengan kedalaman sekitar 5 cm dengan jangka waktu antara  2 – 3 menit. Maka dengan sendirinya hasil pengukuran akan muncul, namun jangka waktu harus diperhatikan karena hasil yang terdapat pada display masih berubah – ubah.

Agar pengukuran memiliki hasil yang akurat, maka kita perlu menjaga komponen tds meter tersebut dengan menggunakan petunjuk yang ada pada saat pengukuran dilakukan. Jika anda ingin mencari informasi mengenai tds meter dan alat ukur lainnya, maka anda dapat membuka website alat ukur indonesia. Apabila anda ingin membeli tds meter, sekarang ini banyak tempat jual tds meter.

Untuk pemakaian dengan jangka waktu yang lama,maka kita perlu menghindari pengukuran menggunakan tds meter pada larutan dengan suhu dibawah suhu kamar ( air dingin /es ), larutan dengan suhu diatas suhu kamar ( air panas ), air aki, air laut, air yang tidak termasuk dalam daftar pengukuran dari spesifikasi alat tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s