Mengenal Lux Meter

 Mengenal Lux Meter – Lux meter adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kuat penerangan (tingkat penerangan) yang terdapat pada suatu area atau daerah tertentu. Alat ini didalam menampilkan hasil pengukurannya menggunakan format digital.

Mengenal Lux Meter

Lux meter terdiri dari rangka, sebuah sensor dengan sel foto dan layar panel. Sensor diempatkan pada sumber cahaya yang akan diukur intenstasnya. Cahaya  menyinari sel foto sebagai energi yang dilanjutkan oleh sel foto menjadi arus listrik.

Makin banyak cahaya yang diserap oleh sel, maka arus yang akan dihasilkan juga semakin besar. Untuk mencapai tujuan tertentu di dalam fisika, biasanya kita melakukan pengamatan yang disertai pengukuran.

Pengamatan gejala secara umum yang tidak lengkap ketika tidak disertai data kuantitatif yang didapat dari hasil pengukuran tersebut. Pada kesempatan ini kita akan mengetahui tentang Iluminasi yang berhubungan dengan pencahayaan, serta melakukan pengukuran tingkat iluminasi menggunakan alat test intensitas cahaya yang dinamakan lux meter.

Sebelumnya perlu diketahui definisi tentang cahaya sebelum berbicara mengenai iluminasi (penerangan). Cahaya yaitu sejenis energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang dapat dilihat dengan mata. Cahaya sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Matahari merupakan sumber cahaya utama yang dibutuhkan di bumi. Tumbuhan hijau memerlukan cahaya untuk melakukan proses fotosintesis. Sinar matahari yang datang disebut sebagai sinar alami. Sifat-sifat cahaya yaitu, cahaya bergerak lurus ke semua arah.

Buktinya adalah kita mampu melihat sebuah lampu yang menyala dari segala penjuru dalam ruangan gelap. Iluminasi merupakan tingkat atau kuat penerangan yang berhubungan langsung dengan cahaya (pencahayaan).

Berbicara tentang pencahayaan berarti kita membagi dua sumber pencahayaan menjadi dua bagian  yaiut, cahaya alami dan cahaya buatan. Cahaya alami merupakan cahaya yang bersumber pada matahari sebagai sumbernya.

Cahaya alami dibagi menjadi dua macam yaitu cahaya matahari dan cahaya pantulan. Cahaya matahari adalah cahaya yang langsung bersumber dari matahari tanpa ada perantara yang mempengaruhi Cahaya pantulan merupakan cahaya yang telah terkena pengaruh dari luar baik itu dipantulkan ataupun dengan perlakuan lainnya.

Cahaya buatan merupakan cahaya yang bersumber selain dari matahari dan biasanya sengaja dibuat. Untuk mengukur tingkat iluminasi dapat kita gunakan suatu  alat test intensitas cahaya yang disebut dengan lux meter.

Menurut trijinx.com fungsi dari bagian- bagian lux meter yaitu :

  1. Layar panel : Menampiilkan hasil pengukuran
  2. Tombol Off/On : Tombol  yang digunakan untuk menyalakan atau mematikan alat
  3. Tombol Range : Tombol kisaran ukuran
  4. Zero Adjust VR : Berfungsi sebagai pengkalibrasi alat
  5. Sensor cahaya : Alat untuk mengukur cahaya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s