Pengaruh Gas Etilen Terhadap Pematangan Buah

Pengaruh Gas Etilen Terhadap Pematangan Buah – Etilen merupakan senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang di suhu kamar berbentuk gas. Etilen bisa dihasilkan oleh jaringan tumbuhan hidup, pada waktu tertentu senyawa etilen bisa mengakibatkan terjadinya perubahan penting pada proses pertumbuhan dan pematangan hasil pertanian.

Pengaruh Gas Etilen Terhadap Pematangan Buah
Etilen yaitu suatu gas yang pada kehidupan tanaman bisa dikelompokan sebagai hormon yang aktif pada proses pematangan. Karena bisa memenuhi persyaratan sebagai hormone seperti dihasilkan oleh tumbuhan, bersifat mobil pada jaringan tumbuhan dan merupakan senyawa organik maka disebut hormone.

Secara tak disadari, pemakaian etilen dalam proses pematangan sudah lama dilaksanakan, sebelum senyawa itu diketahui nama dan juga peranannya. Walaupun sudah ada bukti yang cukup meyakinkan yang mendukung pandangan bahwa etilen sebenarnya adalah hormon pematangan.

Tetapi dalam penelitian ditemui beberapa kesulitan, diantaranya yaitu orang belum berhasil menghilangkan seluruh etilen yang ada pada jaringan untuk menunjukkan jika proses pematangan akan tertunda jika etilen tidak ada.

Usaha untuk mengetahui lebih lanjut tentang biogenesis pembentukan etilen terus terjadi dengan dimulai penelitian oleh para pakar, kali ini penelitian dengan menggunakan etilen itu sendiri dengan kegiatan yang khusus pada jaringan beberapa buah-buahan yang kemungkinan bisa menjelaskan suatu tanda tanya berhubungan dengan biogenesis pembentukan.

Etilen dibuat oleh tanaman tingkat tinggi dari asam amino metionin yang esensial pada semua jaringan tanaman. Produksi etilen tergantung dari tipe jaringan, spesies tanaman, dan tingkatan perkembangan.

Etilen dibentuk dari metionin melalui tiga proses:
1.ATP adalah komponen penting dalam sintesis etilen. ATP dan air akan membuat metionin kehilangan tiga gugus fosfat.
2.Asam ACC-sintase kemudian memfasilitasi produksi ACC dan SAM.
3.Oksigen diperlukankan untuk mengoksidasi ACC dan memproduksi etilen. Reaksi ini dikatalisasi memakai enzim pembentuk etilen.

Biasanya dilakukan penelitian yang fokus pada efek pematangan buah. ACC sintase pada tomat menjadi enzim yang dimanipulasi melalui bioteknologi untuk tidak mempercepat pematangan buah sehingga rasa tetap terjaga.

Etilen merupakan zat cair yang tidak berwarna, kental dan juga manis, mudah larut dalam air, mempunyai titik didih relatif tinggi dan titik beku rendah. Senyawa etilen sering dipakai sebagai pelarut dan juga bahan pelunak.

Pada bidang pertanian etilen dipakai sebagai zat pemasak buah. Etilen yaitu hormon tumbuh yang berlainan dengan auksin, griberelin dan sitokinin. Dalam kondisi normal, etilen berbentuk gas dan struktur kimianya sederhana sekali.

Etilen di alam akan berpengaruh jiks terjadi perubahan secara fisiologis pada suatu tumbuhan. Hormon ini berperan pada proses pematangan buah dalam fase klimaterik.
Apabila anda ingin mencari tempat yang jual detector gas anda bisa mencari dan membelinya di alat ukur Indonesia, karena di toko ini menyediakan alat ukur  yang terpercaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s