Gas Yang Ada Di Atmosfer

Gas Yang Ada Di Atmosfer – Atmosfer yaitu lapisan udara yang menyelubungi bumi. Atmosfer terdir dari macam – macam gas. Gas yang terkandung pada atmosfer berpengaruh terhadap kehidupan di bumi yaitu seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida dan lain – lain.

Gas Yang Ada Di Atmosfer

Alat yang digunakan untuk mengecek kebocoran gas yaitu detector gas. Apabila anda ingin mencari tempat yang jual detector gas anda bisa mengunjungi website alat ukur Indonesia.

1.Nitrogen (N2)
Nitrogen pada atmosfer sulit bersenyawa dengan unsure lain. Pada jumlah kecil nitrogen berfungsi untuk tumbuhan Rhizobium sp yang hidup pada akar tumbuhan kacang – kacangan bisa mengikat nitrogen untuk diubah menjadi ammonia (NH2)

2.Oksigen (O2)
Oksigen sifatnya adalah aktif bersenyawa dengan unsure lain pada proses oksida. Fungsi oksigen bagi makhluk hidup yaitu untuk mengubah makanan menjadi energy.

3.Karbondioksida (CO2)
Karbondioksida berfungsi untuk mengarpsorsi pancaran panas matahari dan juga Sebagai bahan baku untuk membuat karbohidrat pada proses fotosintesis.

Selain nitrogen, oksigen dan karbondioksida, masih terdapat zat lain dalam jumlah kecil, misalnya amoniak, belerang dioksida dan uap air. Semakin tinggi atmosfer, prosentase zat yang ringan akan semakin besar, seperti uap air (H2O), sedangkan zat yang berat seperti Nitrogen (N2), Oksigen (O2) dan Argon (Ar) akan semakin berkurang.

Gas nitrogen adalah gas yang banyak terdapat pada atmosfer bumi. Salah satu sumber gas nitrogen yaitu dari pembakaran sisa – sisa pertanian dan sebab dari letusan gunung api. Gas lain yang juga banyak terkandung pada atmosfer yaitu oksigen, yang diperoleh terutama melalui proses fotosintesis pada tanaman yang memiliki daun hijau.

Ozon adalah salah satu gas yang pada atmosfer jumlahnya sedikit, tapi sangat berfungsi untuk kehidupan di bumi, karena ozon yang menyerap sinar ultraviolet yang dicahayakan oleh sinar matahari, sehingga jumlahnya sangat berkurang saat sampai dipermukaan bumi.

Seumpama radiasi ultraviolet tidak terserap oleh ozon, maka ketika tiba di bumi sinar ultraviolet akan menyebabkan malapetaka untuk kehidupan makhluk yang ada di bumi karena bisa membakar kulit makhluk hidup, memecahkan kulit pembuluh darah, mengakibatkan penyakit kanker kulit dan efek lainnya.

Sedangkan dengan jumlah yang sedikit, sinar ultraviolet akan sangat membantu tumbuh-tumbuhan pada proses fotosintesis, dan untuk manusia membentuk vitamin D pada tubuh. Gas ozon lebih banyak terdapat di ketinggian sekitar 15 sampai 35 Kilometer diatas permukaan bumi tepatnya pada lapisan stratosfer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s