Manfaat Gas Hidrogen

Manfaat Gas Hidrogen – Tujuh puluh lima persen gas di udara adalah hidrogen, karena hidrogen merupakan gas yang sangat melimpah di udara. Jumlah yang banyak ini menyebar di antara bintang di angkasa sehingga bisa memperoleh energi untuk semesta.

Manfaat Gas Hidrogen
Untuk mendeteksi kebocoran gas anda dapat memakai alat pendeteksi kebocoran gas. Apabila anda membutuhkan alat tersebut anda bisa membelinya di alat ukur Indonesia. Di sana menjual alat ukur yang terpercaya.

Reaksi proton dari hidrogen adalah yang menghasilkan cahaya ataupun energy lainnya yang memungkinkan dunia tetap sampai sekarang ini. Bahkan energi pada matahari dihasilkan dari proses fusi hidrogen menjadi helium.

Karena klasifikasinya yang termasuk ke dalam gas diatomik hidrogen memiliki sifat yang mudah terbakar. Ketika tekanan ataupun suhu di atas batas normal, ini akan mempengaruhi sifat hydrogen tersebut. Tetapi apabila suhu dan tekanan ada pada level normal, hydrogen tak bisa di lihat dan di rasakan keberadaannya.

Hal ini karena pada keadaan yang normal hydrogen tak bersifat reaktif sehingga tidak memperoleh bau maupun warna tertentu yang bisa dikenali oleh indera manusia.
Walaupun hydrogen merupakan unsur gas yang paling banyak, massa atom dari hidrogen adalah yang paling rendah di antara gas yang lain.

Untuk kehidupan manusia manfaat hidrogen sangat beragam. Secara alami keberadaan hidrogen di bumi memang sangat jarang. Adanya hidrogen yang banyak digunakan merupakan hidrogen buatan tangan manusia yang melalui rekayasa kimia sehingga memperoleh gas hidrogen.

Umumnya, industri penghasil hidrogen memakai metana untuk pembentukan hidrogen  selain itu juga bisa dipakai proses pemisahan air dengan hidrogen. Karena hidrogen paling banyak ditemukan pada air.

Manfaat hidrogen bagi kehidupan yaitu:
1.Dalam bidang kimia organik
Hidrogen bermanfaat dalam kimia organik yaitu untuk reaksi hidrogenasi berbagai senyawa organik, disini hidrogen melakukan perannya sebagai mereduksi beberapa senyawa. Beberapa reaksi senyawa organik yang menggunakan hidrogen adalah reaksi kimia rosenmund dan reaksi kimia asilasi Freidel Crafts.

2.Untuk dunia industri
-Industri pupuk
Hidrogen banyak dipakai dalam dunia industri, salah satunya yaitu dipakai untuk industri pembuatan pupuk. Pada industri ini, pemanfaatannya yaitu dengan mereaksikan antara hidrogen dengan nitrogen. Hasil reaksi kimia hidrogen dengan nitrogen akan memperoleh ammonia yang berfungsi sebagai bahan dasar pupuk.

-Industri minyak goreng
Dalam bidang industri, hidrogen sebagai bahan untuk meningkatkan tingkat kejenuhan minyak, biasanya adalah minyak goreng nabati. Diproduksi supaya tingkat kejenuhan tinggi karena dengan kondisi tersebut, minyak akan mempunyai kekentalan yang cukup sampai membuatnya tidak cepat mengalami kerusakan.

-Industri makanan
Sebenarnya hidrogen tak secara langsung dipakai dalam pembuatan suatu jenis makananan tertentu. Melainkan, minyak goreng dengan tingkat kejenuhan yang tinggi, yang sudah dilakukan proses hidrogenisasi sebelumnya, yang dipakai dalam industri makanan. Hal ini karena minyak jenis tersebut bisa bertahan cukup lama dan pemakiannya juga tidak hanya untuk sekali penggorengan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s