Kegunaan Clamp Meter

Kegunaan Clamp Meter – Ketika melakukan pengukuran pada aliran konduktor, umumnya kita harus memutuskan terlebih dahulu kabel yang tersambung. Peristiwa ini jelas akan memakan banyak waktu yang lama dan tidak efisien. Dengan perkembangan zaman, saat ini sudah ada alat yang bernama Clamp Meter.

Clampp

Pengertian Clamp Meter

Clamp meter merupakan suatu instrumen yang bermanfaat untuk melakukan pengukuran arus pada konduktor tanpa memutuskan sirkuitnya. Clamp meter mempunyai bagian penjepit yang bermanfaat sebagai pengukur arus dengan hanya menjepit kabel saja. Alat ini memiliki kesamaan dengan multimeter. Bedanya clamp meter jelas lebih praktis dari pada multimeter.

Kegunaan Clamp Meter

  • Berguna untuk melakukan pengukuran tegangan listrik, arus listrik dan resistansi atau tahanan.
  • Berguna untuk melaksanakan pengukuran temperatur, frekuensi dan induksi.
  • Bermanfaat untuk melakukan pengecekan koneksi antar arus pada kabel.
  • Berfungsi sebagai pengukuran kapasitor eletktrolit.

Cara memakai Clamp Meter

Tentukan konduktor yang akan diukur

Instrumen ini dapat membaca suatu konduktor listrik dengan baik. Anda tidak perlu memutuskan kabel lintasan. Setelah kalian menentukan konduktornya, sebaiknya instrumen ini jangan dialiri listrik terlebih dahulu. Pastikan konduktor atau kabel dalam posisi tidak terhubung listrik, selanjutnya jepit clamp meter pada kabel atau konduktor. Setelah dijepit barulah kita menghidupkan listrik. Tujuan memutuskan listrik pada saat menjepit konduktor ialah untuk keamanan si pemakai alat ini.

Pilihlah fungsi dan jangkauan yang sesuai

Untuk menentukan manfaat dan jarak yang tepat kita perlu memutar rotary pada clamp meter. Selain itu konduktornya juga harus mempunyai nilai tegangan yang kurang dari 600V.  Jika konduktor tegangan mempunyai nilai melebihi batas yang sudah ditentukan maka berpotensi merusak alat yang akan dilakukan pengukuran. Clamp meter juga tidak bisa mendeteksi niai tegangan yang melebihi 600V. Jika anda tidak yakin pada tegangan dan jangkauan yang ada, maka anda bisa memilih jangkauan tinggi dan menyesuaikannya secara bertahap.

Jepit konduktor

Selanjutnya buka dan jepitkan rahang penjepit clamp meter pada konduktor yang ada. Dan kita wajib memastikan listrik dalam keadaan mati untuk keselamatan anda semua.

Pakailah pemisah garis AC

Ketika kita melakukan pengukuran arus AC, kadang clamp meter memberikan hasil yang salah. Dengan begitu, kita perlu menyambung jalur pemisah AC pada konduktor listrik lalu konduktor listrik tersebut disambungkan pada jalur pemisahnya. Selanjutnya jepit meteran pada pemisah AC untuk melihat hasilnya.

Ukurlah Tegangan

Selanjutnya kita atur meteran yang terdapat pada penjepit sampai membentuk huruf “V” yang berguna untuk membaca tegangan pada konduktor. Dan hubungkan juga probe hitam dengan com jack dan probe berwarna merah dengan V/O jack.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s