Kenapa Berlian Sangat Keras

Kenapa Berlian Sangat Keras – Jika Anda mendengar kata berlian mungkin yang ada dibenak Anda adalah perhiasan. Namun batu berlian juga menyandang predikat sebagai material terkuat yang ada di bumi.

Kenapa Berlian Sangat Keras

Kebanyak memang berlian ini digunakan sebagai perhiasan namun ada kalangan industri yang menggunakannya sebagai alat pemotong, penghalus dan dipakai sebagai lapisan pelindung resisten.

Berlian ini terbentuk dari unsur yang paling banyak ada di bumi yaitu karbon dimana tubuh manusia sendiri lebih dari 18 persennya tersusun dari karbon. Selain itu udara yang kita hirup juga mengandung undur karbon.

Pembentukan berlian sendiri secara pasti belum dapat diketahui, namun secara teori dapat dijelaskan bahwa suhu dan tekanan yang sangat tinggi pada 120 – 150 km di bawah permukaan bumi telah membuat unsur karbon tersebut menjadi berlian.

Peristiwa ini terjadi milyaran tahun yang lalu ketika awal pembentukan bumi dan ketika bumi masih panas. Kemudian unsur berlian ini keluar bersama letusan magma yang sangat dahsyat kepermukaan bumi. Dan dalam waktu yang relatif singkat magma yang sudah meletus ini akan mendingin di permukaan bumi dan menimbum berlian di dalamnya.

Hal inilah yang diyakini membuat berlian menjadi material paling keras yang ada di bumi. Bagaimana tidak berdasarkan pengukuran menggunakan Alat Uji NDT yang digunakan untuk mengukur kekerasan benda tanpa merusaknya berlian menunjukkan hasil yang mengagumkan.

Dalam skala mohs antara 1 – 10 yang biasa digunakan untuk mengukur kekerasan benda, berlian menunjukkan angka 10. Hal ini berarti tidak ada benda atau material lain yang mampu memotong atau bahkan menggores berlian selain sesama berlian itu sendiri.

Perlu diperhatikan disini bahwa pembentukan berlian secara alami tadi hanyalah sebuah teori karena pada prakteknya hal tersebut tidak dapat diobservasi secara langsung. Pada kedalaman tersebut kita belum mempunyai teknologi yang mampu kesana atau mengirim peneliti kesana.

Bahkan ada anggapan bahwa batu berlian adalah simbol dari batu keabadian karena batu berlian sudah ada jauh sebelum kita atau makhluk hidup ada di bumi dan akan tetap bahkan setelah kita tidak ada.

Dikarenakan keindahan dan kelebihan berlian, kini muncul pembuatan berlian secara sintesis atau buatan. Pembuatan berlian sintesis ini terbagi menjadi dua hingga kini yaitu dengan suhu tinggi – tekanan tinggi (HPHT / High Pressure High Temperature) dan berlian yang dibentuk dengan deposisi uap kimia ( CVD / Chemical Vapor Deposition).

Namun berlian sintesis ini tetaplah tidak sama atau menyaingi berlian asli, dan hingga saat ini berlian masih menjadi material paling keras di bumi. Mungkin kedepannya para ilmuan akan menemukan material lain yang dapat menyangi berlian, kita tunggu saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s