Ciri Batu Ruby Asli

Ciri Batu Ruby Asli – Ruby merupakan salah satu jenis batu mulia yang sangat terkenal tak hanya di Indonesia namun juga dunia. Batu ruby juga merupakan batu mulia yang memiliki harganya tergolong mahal.

Ciri Batu Ruby Asli

Keindahannya yang mempesona memikat hati banyak orang, meskipun orang tersebut sebenarnya tidak mengetahui bahwa batu tersebut termasuk ke dalam jenis batu yang berharga.

Dengan keindahannya dan semakin berkembangnya tren batu mulia menjadikan batu ini banyak diminati kolektor batu yang sudah berpengalaman maupun pemula. Bila Anda juga tertarik terhadap batu ruby ini maka tidak ada salahnya Anda mengetahui ciri – ciri batu ruby asli sebelum Anda membeli batu mulia ini.

Dengan semakin tingginya permintaan akan batu ruby membuat ada oknum pedagang nakal yang memalsukan batu ruby ini. Batu ruby ini mempunyai berbagai kualitas, kualitas batu ruby ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga, warna dan bentuk secara fisik.

Jangan mudah terkecoh dengan batu ruby yang memiliki harga mahal karena harga juga belum tentu menjaminkeasliannya. Penjual masih bisa melakukan kecurangan seperti menjual batu ruby palsu atau sintetis. Selain itu pengerajin juga dapat mencampurkan batu ruby asli dengan batu jenis lainnya untuk meningkatkan harga, lalu bagaimana ciri batu ruby asli. Berikut adalah ciri batu ruby asli yang patut Anda ketahui :

1. Harga batu ruby asli biasanya mahal

Pada dasarnya batu ruby asli akan dijual dengan harga mahal, hal ini karena batu ruby asli sangat sulit di dapatkan. Oleh karena itu jika ada yang menjual batu ruby asli dengan harga murah jangan mudah terkecoh karenanya.

Batu ruby yang telah diasah akan meningkan harga jualnya, batu ruby dengan kualitas super akan memiliki harga mulai puluhan bahkan ratusan juta. Namun patut diperhatikan juga ciri lainnya dari batu ruby asli agar Anda benar – benar tidak tertipu.

2. Tingkat kekerasan batu ruby asli adalah 9 skala mohs

Batu ruby merupakan batu permata atau batu mulia yang dibentuk dari korundum dimana mineral tersebut memiliki skala kekerasan 9 skala mohs berdasarkan pengukuran menggunakan alat hardness tester.

Korundum merupakan bentuk kristal aluminium oksida yaitu salah satu mineral yang paling tahan lama atau awet di bumi, selain batu ruby korundum juga dapat membentuk batu safir. Sebagai tambahan informasi, baru ruby memiliki rumus kimia yaitu Al2O3 dengan gravitasi spesifik 3,9 – 4,1 serta indeks bias 1,76 – 1,77.

3. Batu ruby sangat keras

Dengan nilai kekerasannya tersebut batu ruby merupakan matu yang sangat keras dan hanya berlian saja yang dapat menggoresnya. Batu ruby juga merupakan batu yang dapat menggores baja sekalipun.

4. Adanya serat halus pada batu ruby asli

Apabila batu ruby diletakkan di bawah teleskop mikro atau kaca pembesar 10x maka akan terlihat serat halus di dalam batu ruby asli. Serat ini juga dapat dideteksi menggunakan alat ukur kekasaran permukaan suatu benda atau roughness tester.

Batu ruby asli atau murni sebenarnya memiliki bentuk yang tidak sempurna dan terlihat tidak terlalu jernih karena adanya serat di dalam batu ruby asli, walaupun begitu pada saat ini telah hadir teknologi terbaru yang mampu menghilangkan serat sehingga batu ruby terlihat bening.

5. Warna batu ruby asli

Pada dasarnya batu ruby memiliki warna merah, namun ada juga yang memiliki warna sekunder seperti ungu, violet, oranye dan merah muda.

6. Pantulan sinar cahaya

Batu ruby asli bila disinari dengan senter maka akan memiliki pantulan sinar cahaya yang melewati permukaan batu ruby asli. Ada kalanya sinar yang dipantulkan akan membentuk pola bintang (six point star). Namun ada kalanya juga membentuk three ray dimana pembiasan ini terjadi karena serat-serat alami yang dimiliki oleh batu ruby asli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s